Aug 29, 2014

Jangan Buru-Buru


Santai saja menjalani hidup ini, jangan grasa-grusu (jangan panik) semua pada saatnya juga akan tiba waktunya.

Kalau saat ini misalnya kamu lagi pusing tentang masalah pacar (buat yang masih muda), sudah santai saja, toh pada waktunya nanti orang yang kamu cari datang sendiri, jangan sedih kalapun seandainya orang yang saat ini (saat ini loh..) kamu sayang dan kamu cinta ga' menjadi milik kamu, yakin dan harus yakin nanti ada wanita dan laki-laki terbaik buat kamu di depannya, kalau yang pada saat ini misalnya yang sma, pacar kamu hanya anak sekolahan sma, nanti kedepan pacar kamu (baca: istri kamu) bukan cuman anak sma, tapi lebih dari itu, bisa jadi dia pengusaha, bisa jadi dia model islami bisa jadi dia hafidz/ hafidzoh (hafal quran 30 juz) itu. jadi santai saja jangan terburu-buru, jalani yang terbaik, buat diri kamu  jadi lebih baik, pantaskan diri kamu jadi lebih baik, biar apa? biar dapat yang terbaik.



Itu baru masalah tentang hati, banyak lagi masalah-masalah yang lainnnya, misal juga ni. kita-kita yang punya hutang, buat santai, bawak santai jangan grasa-grusu, nanti juga pada saat hutang harus dibayar, dan pada saatnya hutang harus lunas toh lunas juga, jangan lari dari masalah, jangan hindari mereka yang menagih hutang, hadapi, tapi ingat jangan dimamarahi, ntar tambah kelam masalahnya kalau dimarahi, seiring waktu, dan berjalannya perjalanan hidup, kita juga akan belajar dari pengalaman hidup kita sendiri, contoh ni ya Ust. Yusuf Mansur yang sekarang terkenal miliyader, dulu beliau itu asli orang yang pernah masuk penjara gara-gara hutang, kan akhirnya juga perjalannannya punya hutang, perjalannya masuk penjara, merupakan perjalannannya menuju Allah, kitanya saja sebagai manusia kadang menilainya buruk.

# Orang yang saat ini sedang menjadi pecandu Narkoba,
jangan buru-buru nilai dia sebagai ahli Neraka, mungkin pada saat itu ketika sedang narkoba justru menjadi  perjalannnya dalam menemukan Allah. kita ga' tau loh?

# Orang yang saat ini (maaf ni ya) wanita pelacur,
Jangan buru-buru menghina dan mencap ahli Neraka, mungkin perjalannya dalam kubangan maksiatnya, justru Allah temukan wanita ini dengan Allah, kita tidak pernah tau kapan dan dimana Allah akan menunjukan  kepada hamba-Nya akan hidayahnya.

Saya tidak mengatakan bahwa kita boleh berkubang dalam kemaksiatan dan kedurhakaan kepada Allah, justru saya ingin mengatakan, ketika kita dalam kemaksiatan dan kedurhakaan, cepat-cepatlah untuk keluar dari kedurhakaan kepada Allah, nanti takutnya justru panggilan Allah (kematian) justru lebih dulu kita temui, dari pada hidayah-Nya. Tetap semangat untuk menemukan dan menuju hidayah Allah, jangan putus asa, karena hidayahnya tidak pernah memilih kepada siapa datang dan kapan?

Itu sebagian kecil contoh, yang kita sebagai manusia sering buru-buru menghakimi sesama hamba Allah, padahal Allahlah hakim yang terbaik, lantas mengapa kita sering memposisikan diri kita sebagai hakim, sedangkan diri kita ini ya, masih banyak dosa, banyak berkubang maksiat, masih banyak salahnya.

Lantas apa yang mesti kita lakuin?
Kita ini hamba Allah, sesama hamba Allah kita ini diperintahkan untuk saling mengingatkan satu sama lain baca lagi ni ya surah Al-'Asr ayat 1-3, terus bacanya, dengan khusuyu', baca terus sampai benar-benar paham, buka lagi artinya, terus baca.



Salah satu ulama' termasyhur pernah mengatakan,
Bagaimana mungkin ada hal yang buruk, jika semua yang ada di alam ini bersumber dari yang Maha Baik

Doain saya buat teman-teman yang baca artikel ini, doain kebaikan buat saya, buat keluarga saya, buat teman saya, buat pondok pesantren diseluruh indonesia, buat negara indonesia, buat  negara-negara muslim di dunia, buat seluruh alam ini, mudah-mudahan Allah mengampuni kita dan memberikan petunjuknya kepada kita agar kita tetap dalam kebaikan. Amin Ya Rabbal 'Alamin.

No comments:

Post a Comment