Aug 22, 2014

Instropeksi Diri

Mestinya hidup kita ini tambah hari harus tambah baik, walaupun sudah qodratnya kita sebagai manusia punya keadaan yang kadang-kadang kita sedang tinggi imannya dan kadang-kadang sedang turunnya, namun tetap saja usaha kita adalah selalu melakukan yang terbaik, dan kalaupun nantinya ada hal yang membuat kita melakukan kesalahan, ya istighfar (mohon ampun sama Allah), tapi ingat ya kesalahan tersebut yang ga' sengaja atau memang karena kekhilfan kita.

Salah satu cara yang mesti kita lakukan adalah selalu instropeksi diri, setiap hari itu terus aja instropkesi diri, instropeksi semuanya dah, mulai dari cara berpakaian, cara mandi, cara makan, cara bersikap bahkan cara berbicara pokonya semua tingkah laku kita mesti kita evaluasi setiap harinya. 

Misalnya ni para wanita, instropeksi diri tentang caranya berpakaian, udah sesuai syariat islam atau belum, baik dari bajunya, udah nutupin belum auratnya, atau misalnya nih kerasa udah nutup aurat baju udah panjang, tapi udah sesuai syariat belum masih sempit atau longgar, terus dan terus instropeksi diri. Instropeksi diri lagi, misalnya kita ini mulutnya ceplas-ceplos ngomong sama setiap orang, khusunya kawan dekat ni, karena merasa udah sangat dekat jadi ngomongnya kaya' ga' ada jarak lagi, sembrono aja mulutnya dengan dalil bercanda, eh tiba-tiba ini kawan tersinggung sakit hati, kan jadinya yang repot kita, makanya INSTROPEKSI sangat kita perlukan.

Salah satu cara yang lain yang mesti kita jadikan juga cara buat instropeksi diri adalah dengan cara mendengarkan setiap kritikan dari orang-orang disekitar kita baik cara penyampainnya sambil bercanda atau agak semi bercanda kita dengarkan aja, tapi ingat mendengarkan kritikan mereka bukan untuk membuat kita tambah down akan tetapi untuk membuat kita jadi lebih baik, dengarkan secara seksama setiap kritikan yang ia sampaikan, ini kalau menurut saya adalah instropeksi extrinsik .

Instropkesi seperti ini kita harapkan akan menjadikan jalan bagi kita untuk selalu berusaha memperbaiki diri, agar jalan kita untuk mendekati Allah lebih mudah, bahkan Allahpun dengan kuasanya bersedia memberikan kepada kita hidayahnya dengan hidayah yang terus berkepanjangan, baik waktu kita hdiup di dunia maupun kelak nanti di akhirat, pada saat tidak ada lagi yang bisa menolong kita kecuali Allah SWT. Rabb sekalian Alam.

Sama-sama kita berdoa, dan saling mendoakan, terutama saya mohon  untuk di doakan agar bisa menjadi pribadi yang baik dan dapat berbagi kebaikan, dengan ilmu dan iman yang masih sangat jauh dari kesempurnaan, hingga pada saatnya saya selalu berharap kebaikan dari Allah yang Maha Baik.

Saya juga mendoakan teman semua para pemabaca blog sederhana ini, agar teman semua menjadi pribadi yang baik dan terus menjadi baik, hingga menebarkan kebaikan keseluruh muka bumi ini, yang berazaskan ajaran-ajaran islami.

Wahai Diriku yang Hina, jangan biarkan kita terus dalam kehinaan, hingga menempati tempat yang paling hina Neraka Jahannam

No comments:

Post a Comment