May 10, 2016

#kopisantri : Gula itupun Datang

Hari ini seseorang telah mengisi hariku, perasaan sudah mulai berbeda dari yang dulu sepi dan tak menentu kini ada hal baru yang hadir dihati ini, ada hal baru yang berkecamuk dalam pikiranku? jika dulu aku hanya memikirkan siapa yang akan mengisi hati ini, namun hari ini, pertanyaan tersebut sudah berbeda. jika dulu aku bertanya kepada Mu Tuhan tentang siapa yang akan mengisi hati ini? siapa yang akan aku perjuangkan perasaannya? Siapa yang akan aku jaga kehormatannya? kini semuanya sudah terjawab, aku tidak lagi menanyakan itu Tuhan... Kini aku bertanya.


Benarkah dia adalah orangnya yang akan menemani aku menuju Ridha-Mu?
Apakah dia yang akan menjadi orang yang akan memasakkanku sarapan dipagi hari?
apakah dia yang akan membuatkanku kopi dipagi hari?
apakah dia yang akan menemaniku selama hidupku?

Mungkin ini hanya sebuah pertanyaan yang masih aku nantikan jawabannya? meski ini hanya pertanyaan, perubahan pertanyaan ini saja sudah mampu merubah suasana hatiku.

Tuhan ... Aku tau dia masih rahasia, dia belum menjadi jawaban atas pertanyaan barukuu, namun Tuhan Terima Kasih, saat ini engkau telah merubah semua pertanyaan yang dulu.  Kini meski dia masih rahasia, aku rasa aku mulai tau siapa yang akan aku perjuangkan perasaannya? siapa yang akan aku jaga perasaannya? setidaknya sekarang dalam hati aku mulai berdoa Tuhan... Izinkan aku menjadi orang yang akan mendampinginya selama hidupnya, menjadi guru bagi dirinya, menjadi murid bagi dirinya, dan menjadi ayah bagi anak-anaknya kelak.

Minggu pagi setelah selesai shalat duha, tiba-tiba salah seorang santri memanggilku
"Kak, itu kayaknya ada tamu kakak?"
"Oh ya.. suruh masuk" sahut ku. aku terkejut, ternyata dia benar-benar datang kepondok untuk silahturrahmi.

Sebelum keluar kamar, aku mulai menata rambutku, melihat bagian-bagian wajahku mungkin saja ada sesuatu yang masih menempel dimata atau dihidungku, maklum hampir semua laki-laki jika ingin bertemu dengan wanita baru maka dia akan sangat memperhatikan penampilannya, ya meskipun tidak sempurna, minimal tidak membuatnya malu dihadapan wanita yang baru ia temui. Aku segera keluar kamar menuju pintu depan.

"Assalamualaikum, eh bayu... masuk bay" Aku memberi salam kepada bayu, namun mataku langsung tertuju kepada sosok di belakang bayu, berbaju pink, berjilbab panjang sampai ke lutut, dan tas kecil yang ia pakai disebelah kanannya, sosok itu hanya tertunduk sambil memberikan salam kepadaku.

"masuk-masuk silahkan duduk"
"oh iya terima kasih" sahut bayu
"Rud... sini, tolong ambilkan air buat tamu kita ni" pintaku kepada seorang santri yang sedang duduk diruang tamu.

"eh... gimana kabarnya Suf?
"Alhamdulillah baik, kamu gimana kabarnya?"
"Baik kok Alhamdulillah.... Oh ya ni kenalin Aini? Bayu tiba-tiba langsung memperkenalkan sosok wanita yang dari tadi aku perhatikan
"Saya Yusuf, salam kenal ya?" sambil aku melihat sosok itu.
"Mira"
Ya.... Dia hanya tertunduk tanpa memberikan tatapan matanya kepadaku, aku tidak tahu apakah dia tau bahwa dari tadi aku memperhatikannya, ah sudahlah itu tidak penting bagiku, dia memperhatikanku apa tidak? yang jelas melihat sosok wanita ini, hati kecilku terus berbicara tanpa ada yang tau kecuali Tuhan.


Bersambung ....

1 comment: